Halaman

Minggu, 18 November 2012

Mengatasi Siku dan Lutut Hitam Dengan Bahan Alami



semua wanita pasti ingin punya kulit yang warnanya rata. Tapi hasil survey terbaru menunjukkan bahwa lebih dari 70 persen wanita Indonesia memiliki kulit yang belang alias tidak sama di satu sudut dan sudut lainnya. Perbedaan warna yang sering terjadi adalah bagian lutut dan siku luar tangan yang lebih hitam dibanding daerah lain.

PENYEBAB SIKU DAN LUTUT HITAM
Inilah beberapa penyebab kulit siku dan lutut hitam:
1.      Kulit memiliki kelenjar minyak, kelenjar inilah yang membuat kulit tampak lembab, segar dan jauh dari kering. Tetapi bagian siku dan lutut adalah bagian kulit yang hanya sedikit mengandung kelenjar minyak. Hal tersebut membuat lutut dan siku mudah tampak kusam dan menumpuk sel kulit mati di sana.
2.    Semua bagian kulit memiliki pigmen atau zat yang membuat warna kulit cerah, kuning langsat atau sawo matang. Semakin banyak pigmen pada kulit, semakin gelap daerah itu. Bagian lutut dan siku biasanya memiliki pigmen yang lebih banyak dibandingkan daerah lain.
3.       Bagian siku dan lutut seringkali menerima tekanan lebih banyak dibandingkan bagian kulit lain (terutama siku). Saat Anda duduk, biasanya siku akan menopang di pegangan kursi dan sebagainya. Semakin sering siku menopang, semakin tebal kulit yang dihasilkan sebagai perlindungan alami kulit. Contoh lain adalah bagian mata kaki, jika Anda sering duduk bersila, maka mata kaki Anda akan menghitam.
TIPS MENGATASI SIKU DAN LUTUT HITAM
Ada beberapa bahan alami yang bisa Anda pakai untuk mengatasi masalah siku dan lutut yang hitam. Tips ini tidak untuk dikerjakan semua dalam satu waktu, sesuaikan dengan kebutuhan siku dan lutut Anda.
·                     Jika Anda merasa kulit siku atau ulit lutut menebal, saat mandi (setelah memakai sabun dan membilas tubuh), basahi bagian siku, lalu usap perlahan dengan batu apung atau spons khusus untuk mengangkat sel kulit mati. Lakukan lembut dan perlahan, agar kulit tidak memerah dan luka. Kemudian bilas.
·                     Setelah selesai mandi, jangan lupa mengoles siku dan lutut dengan lotion yang lebih padat (body butter). Atau bisa juga Anda oleskan minyak zaitun sebagai bahan alami untuk menjaga kelembaban kulit siku dan lutut.
·                     Untuk scrub alami, campur garam halus dan perasan air lemon dengan komposisi yang bisa Anda sesuaikan hingga membentuk scrub alami yang lembut dipakai. Scrub bagian siku dan lutut dengan gerakan lembut lalu bilas. Butiran garam adalah scrub alami yang lembut. Air lemon adalah pencerah kulit alami.
·                     Parut kunyit, ambil airnya oleskan pada siku dan lutut. Diamkan 20 menit, bilas dengan air hangat. Kunyit adalah bahan alami untuk mencerahkan kulit.
·                     Anda juga bisa membuat jus tomat, ambil airnya lalu oleskan pada siku dan lutut hingga meresap. Tomat juga merupakan bahan alami untuk mencerahkan kulit gelap.
Itulah beberapa cara alami untuk mengatasi masalah siku dan lutut yang hitam. Selamat mencoba :)
(vem/LS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar