Halaman

Senin, 19 November 2012

5 Cara Mengatasi Nyeri Perut Menstruasi




Vemale.com -
Saat menstruasi, tubuh kita akan mengalami beberapa perubahan, antara nafsu makan turun atau justru bertambah, punggung nyeri, kedinginan, dan yang paling sering adalah nyeri atau kram perut.
Nyeri perut yang terjadi saat menstruasi sering mengganggu aktivitas, dan membuat kita merasa tidak nyaman. Agar nyeri perut tidak mengganggu, inilah 5 hal yang bisa Anda lakukan.

  • ·                                      Perhatikan Asupan Makanan

Mengonsumsi makanan dengan kandungan serat yang tinggi sangat disarankan ketika Anda sudah mendekati tanggal menstruasi. Mayo Clinic menuliskan bahwa mengonsumsi makanan kaya vitamin E, vitamin B1 dan vitamin B6 akan mengurangi nyeri dan kram yang sering terjadi saat menstruasi.

  • ·                                      Kompres Air Hangat

Jika nyeri datang, berbaringlah di atas tempat tidur atau sofa yang nyaman. Kompres perut Anda dengan air hangat. Kompres tersebut dapat melemaskan otot yang kaku sekaligus memberi rasa nyaman pada tubuh. Jangan lupa istirahat dan tidur yang cukup selama menstruasi.

  • ·                                      Jauhi Dulu Kopi

Suka mengonsumsi kopi setiap hari? Sebaiknya jauhi dulu minuman sini selama Anda menstruasi. Kafein akan memperparah kram yang Anda alami dan membuat tubuh tidak nyaman. Sehingga menjauhi kopi sementara akan sangat membantu mencegah kram.

  • ·                                      Jangan Diam Saja

Tidak ada larangan untuk aktif bergerak atau olahraga selama masa menstruasi. Anda tetap dapat melakukan berbagai kegiatan. Semakin Anda bergerak, tubuh akan lepas dari stres dan mengurangi nyeri. Lakukan olahraga ringan, misalnya senam, jogging dan sebagainya.

  • ·                                      Minum Cukup Air

Jaga agar asupan cairan tercukupi saat sedang menstruasi. Jangan lupa minum air yang cukup, konsumsi juga jus buah segar yang Anda buat sendiri untuk mencukupi kebutuhan serat. Tapi ingat, ladies, hindari dulu minuman tinggi gula seperti soft drink atau jus buatan. Selalu bawa botol air agar Anda tidak dehidrasi.

Dengan tips di atas, tidak takut lagi dengan nyeri perut saat menstruasi. Punya tips lain? Silakan bagi di kolom komentar :)
(vem/ls)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar