Halaman

Jumat, 23 November 2012

Kenali Penyebab Jerawat & Cara Mengatasinya



Wolipop- Jerawat yang sering kali hadir di wajah kita, bukan hanya disebabkan karena wajah yang kotor. Ada faktor-faktor lainnya yang menyebabkan jerawat timbul. Ingin tahu? Berikut empat faktor penyebab jerawat dan cara mengatasinya, seperti dilansir dari TypeF.

1. Hormon
Sebelum datang bulan biasanya jerawat suka muncul tiba-tiba, hal ini merupakan hal yang biasa terjadi pada wanita. Hormon progesteron dapat mempengaruhi munculnya jerawat karena menghasilkan minyak berlebih pada kulit. Biasanya jerawat karena faktor hormon, sulit untuk dihilangkan.

Benjolan kecil tersebut biasanya akan hilang, jika hormon sudah normal kembali. Tapi Anda bisa mencegahnya agar tidak timbul semakin banyak dengan rajin mandi atau cuci muka dengan sabun berbahan sulfur. Kandungan aktif yang ada dalam sulfur, efektif untuk membasmi jerawat.

2. Bakteri
Kotoran yang menumpuk pada wajah, menyebabkan bakteri berkembang pada pori-pori. Bakteri-bakteri tersebut menjelma menjadi jerawat. Untuk mencegah kotoran menumpuk pada wajah, Anda harus rajin menscrub wajah, minimal seminggu sekali. Carilah butiran scrub yang halus, untuk menghindari iritasi.

3. Make-up
Pastikan wajah Anda bebas make-up pada malam hari menjelang tidur. Agar make-up benar-benar bersih dari wajah, setelah mencuci wajah, gunakanlah pembersih toner.

4. Kandungan make-up dan krim wajah
Sisa make-up yang tersisa bukan hanya penyebab timbulnya jerawat. Bahan yang ada di dalam kosmetik juga menjadi pemicu jerawat. Periksalah kembali bahan-bahan yang terkandung dalam kosmetik Anda. Jika jenis wajah Anda berminyak, kandungan minyak dalam kosmetik semakin memicu timbulnya jerawat.

Bahan-bahan seperti shea-butter atau minyak alami dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. Bagi kulit sensitif atau kulit berminyak yang rentan akan jerawat, sebaiknya pilihlah kosmetik berjenis mineral.


(wl/ls)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar