Halaman

Minggu, 18 November 2012

5 Langkah menguasai rasa takut



Semua orang pasti memiliki rasa takut pada hal tertentu. Namun jangan pernah membiarkan rasa takut itu menguasai dan menggagalkan Anda untuk meraih tujuan. Untuk menguasai rasa takut, simak tipsnya seperti yang dilansir dari Self Magazine berikut ini.

Bercerita pada diri sendiri
Jika ada hal yang menakuti diri Anda, cobalah untuk menceritakan sesuatu tanpa emosi. Misalnya, "Pesawat akan segera mendarat. Gadis itu buru-buru mengencangkan sabuk pengaman. Namun dia harus meletakkan bukunya." Sebab sebuah penelitian dari Columbia University membuktikan ketika seseorang melihat gambar menyeramkan sambil bercerita tentang hal lain mengalami perubahan dalam otak. Khususnya, bagian otak bernama amigdala yang berhubungan dengan kontrol diri langsung aktif dan menenangkan ketakutan seseorang.

Pernapasan perut
Saat takut, segera lakukan pernapasan perut. Caranya, tarik napas perlahan dan simpan dalam perut. Hitung sampai empat, tahan beberapa saat, kembali embuskan dalam empat hitungan lagi. Ulangi proses pernapasan tersebut beberapa menit. Manfaat dari pernapasan itu adalah mengalihkan perhatian ketakutan pada hal lain dan melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

Relaksasi
Lakukan relaksasi setiap merasa ketakutan mulai menghantui. Awali dengan menggerakkan kaki dan perlahan naik ke atas tubuh. Akhiri dengan relaksasi pada mata. Relaksasi ini akan membuat otot lebih longgar dan meringankan beban pikiran. Pada akhirnya Anda mungkin akan menemukan bahwa apa yang Anda takuti sebenarnya hanya merupakan hal sepele.

Berteriak keras
Sebuah penelitian dari University of California menyebutkan berteriak tentang hal yang ditakuti bisa mengurangi perasaan itu sendiri. Melalui penelitian, para ahli membuktikan kalau amigdala perlahan menunjukkan ketenangan setelah seseorang berteriak keras tentang hal yang ditakutinya.

Mengubah sudut pandang
Terakhir, langkah tepat menguasai rasa takut adalah mengubah sudut pandang tentang sesuatu itu. Ubah kosakata takut Anda menjadi tantangan yang menyenangkan. Sehingga menguasainya akan membuat Anda merasa telah mendapatkan penghargaan tersendiri.
Itulah beberapa langkah menguasai rasa takut. Apakah Anda juga punya rasa takut yang ingin Anda singkirkan?
[ls]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar